Sabtu, 29 Oktober 2016

Belajar dari Profil Umum Pengusaha dan Mengetahui Kompetisi Diri

Belajar dari Profil Umum Pengusaha dan Mengetahui Kompetisi Diri - Idealimka
Seseorang dapat dikatakan sebagai seorang wirauasaha apabila dia mampu menciptakan sebuah usaha baru dengan mengambil resiko dan ketidak pastian untuk dapat memperoleh keuntungan dan meningkatkan usaha yang dimilikinya. Para peneliti telah menghabiskan banyak waktu dan upaya untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai profil seorang wirausaha. Adapun beberapa profil yang umumnya dimiliki oleh para wirausaha adalah:

Memiliki Rasa Percaya Diri
Entah karena takut salah atau karena hal lain, masyarakat Indonesia zaman sekarang menjadi tidak memiliki kepercayaan diri. Umumnya pada masa SMA (sekolah menengah atas) setiap kali ditanya oleh gurunya siswa kadang tidak ingin menjawabnya. Bukan karena tidak tau tetapi mereka tidak percaya diri untuk menjawabnya. Itulah yang menjadi dasar kenapa pengusaha muda masih kurang, mereka cenderung tidak percaya diri karena takut dalam kerugian yang ia alami nantinya.

Menyukai tanggungjawab
Wirausaha merasa bertanggungjawab secara pribadi atas hasil perusahaan tempat mereka terlibat. Mereka lebih menyukai dapat mengendalikan sumber-sumber daya mereka sendiri dan menggunakan sumber-sumber daya tersebut untuk mencapai cita-cita yang telah mereka tetapkan sendiri. (Bob Sadino)

Keyakinan atas kemampuan mereka untuk berhasil.
Para wirausaha umumnya memiliki banyak keyakinan atas kemampuan mereka untuk dapat meraih keberhasilan. Mereka cenderung optimis terhadapa peluang keberhasilan dan optimism mereka biasanya berdasarkan kenyataan. Salah satu penelitian dari National Federation of Independent Business (NFIB) menyatakan bahwa sepertiga dari wirausaha menilai peluang keberhasilan mereka 100 persen. Tingkat optimism yang tinggi kiranya dapat menjelaskan mengapa kebanyakan wirausaha yang berhasil pernah gagal dalam bisnis-kadang lebih dari sekali sebelum akhirnya mencapai keberhasilan.

Setelah mengenal 3 profil umum yang harus dimiliki pengusaha, sekarang pertanyaannya bagimana caranya agar bisa menjadi seorang wirausaha yang sukses. Ada beberapa kompetensi yang harus dimiliki dan dikembangkan oleh para wirausaha agar dapat membangun sebuah usaha yang berhasil yakni pengetahun, keterampilan, dan sifat. Seseorang yang tidak memiliki ketiga kompetensi tersebut dalam bisnisnya, kemungkinan besar akan menghadapi kesulitan dalam mengelola bisnis yang dimilkinya. Apa yang akan terjadi bila seseorang wirauaha memiliki:

Pengetahuan dan Keterampilan Saja
Seseorang dengan pengetahuan dan keahlian saja kemungkinan tidak akan bertahan lama, sekalipun ia dapat memulainya dengan baik. Sebagai contoh, tanpa sifat, ia mungkin akan menunjukkan keputusasaan bila menghadapi hambatan besar atau orang tersebut tidak akan melihat atau bertindak apabila terdapat peluang; atau ia tidak akan mau mengambil resiko dalam menerjuni dunia bisnis sejak awal.

Pengetahuan dan Sifat Saja
Seseorang hanya memiliki pengatahuan dan sifat saja mungkin tidak akan menemukan sesuatu yang bernilai untuk menerapkan kedua hal itu, tanpa kemampuan teknis. Atau mereka akan menemukan bahwa mereka terlalu tergantung pada pihak lain dank arena itu, mungkin menjadi kurang kuat. Solusinya mungkin dengan mencari mitra atau pegawai dengan keterampilan yang dibutuhkan.

Keterampilan dan Sifat Saja
Seorang calon wirausaha yang hanya memiliki keterampilan dan sifat kewirausahaan saja, tapi memiliki pengetahuan yang minim, bisa saja memulai usahanya sendiri. Namun, dalam lingkungan bisnis yang kompetitif, minimnya pengetahuan atau ketidaktahuan mengenai pelanggan atau pasar.

REFERENSI
  • National Federation of Independent Business .http://www.nfib.com/.
  • Sadino, Bob. Karakter Wirausaha III. http://belnokov.narotam.ac.id/karakter-wirausaha-iii.htm.

Artikel Terkait

Belajar dari Profil Umum Pengusaha dan Mengetahui Kompetisi Diri
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email